Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Masa Pandemi Covid-19
Kesehatan

Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Gema Sonata Kesehatan – Virus ini sudah berdampingan hidup dengan masyarakat Indonesia, sejak awal Maret 2020. Pemerintah menghimbau terus untuk masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada, sosial distancing, dan yang terpenting menjaga kondisi tubuh sendiri tetap sehat dan bugar agar terhindar dari virus.

Semakin hari makin banyak variannya dengan berbagai dampak terhadap tubuh yang terpapar. Bagaimana menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar dimasa pandemi walaupun dirumah saja? Simaklah penjelasan berikut ini.

Tips menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar di masa pandemi.

  1. Olahraga teratur

Olahraga adalah salah satu bentuk menjaga kebugaran tubuh, meskipun kita tetap dirumah saja. Kita masih tetap bisa melakukan olahraga. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada 2 jenis olahraga yang dapat dilakukan dimasa pandemi yaitu neural exercise dan physical exercise.

Neural exercise atau olahraga persarafan adalah jenis olahraga yang dapat dilakukan ditempat dengan melakukan olah pernafasan, vokalisasi dan postur seperti senam tera , yoga. Physical exercise adalah jenis olahraga yang dilakukan diluar seperti joging, renang, jalan cepat, bersepeda dan jenis olahraga fisik lainnya. Olahraga fisik ini dapat dilakukan 3x seminggu dalam durasi waktu 30-60 menit.

  1. Makan Makanan yang sehat dan bergizi

Memakan makanan yang bergizi juga wajib dilakukan di masa pandemi. Keseimbangan antara aktivitas dan pemenuhan kecukupan gizi bagi tubuh. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan mineral. Anda bisa dapatkan dengan mudah seperti dari sayur bayam, brokoli, untuk buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti pepaya, stroberi, jeruk, kiwi, nanas dan lainnya.

Bagi Anda yang suka meminum ramuan atau infused water juga dapat memadu padankan antara daun-daun, buah  dan sayuran dengan berbagai rempah-rempah dapur seperti jahe, serai, kayu manis, ketumbar, kapulaga dan lainnya, dengan berbagai manfaat bagi tubuh.

  1. Tetap menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada

Terapkan selalu 5M alias Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi. Untuk mencegah penularan penyebaran virus Covid-19 dimana pun berada ingat keluarga di rumah.

  1. Istirahat yang cukup 

Menjaga kondisi tubuh tetap stabil juga dibutuhkan isitirahat yang cukup. Manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu istirahat selama 7-8 jam perharinya agar proses peningkatan imun tubuh dapat berjalan dengan baik.

Di masa pandemi saat sekarang sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi dambaan semua orang. Lawan terbesar manusia adalah Covid-19, untuk itu manusia dituntut agar senantiasa meningkatkan kondisi tubuh dan imunitas tubuh.

Tips Jaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Masa Pandemi Covid-19
Olah Raga Ringan di Rumah

Beberapa tips diatas sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tubuh kita yang tau kita sendiri. Mari mulai terapkan agar kita selalu terhindar dari virus yang mengancam semua orang ini, virus yang tidak pandang bulu, semua orang dapat terpapar. Ingat keluarga dirumah.

Sumber : https://yoursay.suara.com/health

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....