Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

PT PAL Ungkap Fregat Arrowhead Akan Dilengkapi Rudal Canggih
Teknologi

PT PAL Ungkap Fregat Arrowhead Akan Dilengkapi Rudal Canggih

PT PAL Ungkap Fregat Arrowhead Akan Dilengkapi Rudal Canggih
PT PAL Ungkap Fregat Arrowhead Akan Dilengkapi Rudal Canggih

Jakarta, Gema Sonata Teknologi – PT. PAL Indonesia (Persero) memyatakan kapal fregat Arrowhead 140 (AH140) calon armada TNI Angkatan Laut bakal dilengkapi dengan rudal canggih.
Kapal itu akan dibuat dengan lisensi dari Rosyth Royal Dockyard Ltd. (Babcock), Inggris. Perusahaan pelat merah itu baru saja membeli lisensi desain kapal perang tersebut melalui kontrak kerja sama.

Dalam kontrak kerja sama itu, PT PAL (Persero) berhak membangun dua kapal Fregat Arrowhead 140 (AH140), dan rencananya dua kapal itu akan dikerjakan dalam kurun 69 bulan.

Penandatanganan kontrak kerja sama PT PAL Indonesia dan Babcock berlangsung pada 16 September lalu oleh CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod, dan CEO Babcock, David Lockwood, yang disaksikan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto di London, Inggris.

Desain kapal perang AH140 disebut serupa dengan kapal perang fregat tipe 31 milik Inggris yang diproduksi Babcock International di Rosyth, Skotlandia.

Dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Sabtu (18/9), kapal itu bakal dipersenjatai dengan peluru kendali untuk mendukung pertahanan udara. Kapal itu bakal memuat spesifikasi peluncur rudal permukaan ke udara vertikal jarak sedang (vertical launcher missile surface to air medium range) sebanyak 24 buah.

Selain itu, kapal perang AH140 juga akan dilengkapi dengan peluncur rudal vertikal ke udara jarak jauh (vertical launcher missile surface to air long range) 32 buah, dan peluncur rudal vertikal ke permukaan jarak jauh (vertical launcher missile surface to surface long range) sebanyak 16 unit.

PT PAL menyatakan semua rudal tersebut akan dipasang menggunakan sistem Fit For But Not With (FFBNW).

Pada bagian mesin, kapal fregat Arrowhead itu akan dibekali dengan mesin utama berspesifikasi 4×9100 kW.

Dengan daya mesin sebesar itu, kapal fregat itu diklaim mampu dipacu hingga kecepatan maksimal 28 knot atau 52 kilometer per jam dalam kondisi maximum continuous rating (MCR), atau keluaran maksimum yang mampu diproduksi stasiun pembangkit tenaga listrik secara terus-menerus dalam kondisi normal.

Selain itu, kapal perang AH40 diperkirakan mempunyai daya tahan atau endurance hingga menempuh jarak sejauh 9.000 mil laut pada kecepatan 18 knot.

Kapal Arrowhead AH40 juga akan dilengkapi generator diesel dengan daya 4×1360 kW dan generator diesel darurat berdaya 1×180 kW. Pada kapal itu juga disematkan mesin pendorong haluan (Bow Thruster) dengan daya sebesar 925 kW untuk memudahkan manuver.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi (lnn/ayp)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....