Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa
Sains

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka PuasaGema Sonata Sains – Selama puasa, tubuh kehilangan cairan. Sehingga sangat penting untuk cukup minum air putih setelah berbuka puasa, untuk menghindari dehidrasi.

Apalagi, 60 –70% dari tubuh terbuat air dan setiap pengurangan asupan cairan, dapat memengaruhi sel-sel tubuh dan mengganggu saraf berfungsi dengan baik.

Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan hingga kulit kering.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh minum apa saja untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Pasalnya, beberapa jenis minuman berikut justru dapat berefek buruk pada tubuh.

  1. Minuman berkafein: kopi dan teh

Hindari minum terlalu banyak kopi atau teh, karena kandungan kafein dapat menyebabkan hilangnya air dalam tubuh, yang justru meningkatkan rasa haus.

Terlebih lagi, minuman manis dicerna dengan sangat cepat dan bisa membuat Anda merasa lapar lebih cepat dari seharusnya.

Namun, menurut Zibdeh, ahli diet terdaftar dan spesialis kesehatan pencernaan yang berbasis di Virginia, jika Anda sangat ingin minum secangkir kopi, Anda bisa meminumnya setelah berbuka puasa.

“Saya biasanya minum secangkir kopi sekitar jam 8 malam. Strategi ini cukup membantu menambah energi saat harus bersosialisasi dan beribadah di malam hari,” ujarnya.

Cara ini juga dapat membantu Anda yang terbiasa minum beberapa cangkir kopi atau teh di siang hari. Karena kandungan kafein di dalam kopi dan teh adalah zat adiktif, yang mana bisa memicu sakit kepala saat Anda berhenti mengonsumsinya tiba-tiba.

  1. Minuman bersoda

Usahakan untuk menghindari minuman bersoda selama bulan Ramadhan. Ini karena minuman bersoda bisa menyebabkan masalah pencernaan dan menurunkan kualitas pencernaan.

Minum minuman bersoda atau minuman ringan lainnya, akan membuat perut terasa penuh dan menunda proses pencernaan.

Minuman terbaik adalah air putih

Air putih adalah cairan terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan dahaga selama puasa. Sayangnya, kebanyakan orang hanya minum sedikit air saat berbuka puasa.

Hati-hati, jika Anda merasa sakit kepala atau pusing, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Jangan lupa, air putih juga memainkan peran penting dalam penurunan berat badan dan pemeliharaan, karena membantu membuang racun dan mengurangi rasa lapar. Inilah sebabnya mengapa penting untuk minum air putih sedikit demi sedikit sepanjang malam setelah berbuka puasa.

Masalahnya, setelah seharian berpuasa, menahan lapar dan haus, orang memang cenderung memilih minuman dengan tampilan dan rasa yang lebih menarik.

Tapi tidak seperti air, minuman yang menarik umumnya mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan Anda mengonsumsi kalori ekstra

Selain air putih, buah-buahan segar, jus, dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

Air kelapa juga bisa menjadi pilihan. Sumber elektrolit yang bagus dengan gula dan mineral sederhana akan membantu mengisi kembali kehilangan air di dalam tubuh.

Sumber : https://www.kompas.com/sains

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....