Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Kesehatan

Menu Sehat Saat Berpuasa

Menu Sehat Saat BerpuasaRadio Gema Sonata – Menu Sehat Saat Berpuasa harus diperhatikan karena gizi penting ketika kita menahan lapar sejak matahari terbit hingga terbenam. Saat berpuasa, kita sering mengabaikan makanan sehat dan lebih memilih makanan yang mengenyangkan. Padahal tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi daripada hanya rasa kenyang. Dengan berpuasa kita juga harus mengontrol asupan nutrisi sehingga dapat mendukung kebutuhan tubuh, serta menjaga agar tubuh tetap segar.

‘’Untuk menjaga kecukupan makanan yang bergizi dan seimbang, selama puasa tetap harus mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bersumber dari semua kelompok makanan utama berupa buah-buahan dan sayur-sayuran; roti, sereal, dan kentang; daging, ikan dan ayam; serta produk susu ,’’ ujar Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bros Panam Dika Maya Sari kepada Riau Pos, Rabu (16/5).

Ketika berbuka puasa, kurma dan air putih menjadi pilihan makanan pembuka yang sehat. Kedua makanan ini membantu memulihkan kadar gula dan cairan didalam tubuh. Saat sahur, Anda sebaiknya makan makanan yang banyak mengandung protein dan berserat tinggi, seperti ikan, kacang-kacangan, serealia, sayur dan buah.

Selain membuat tubuh lebih lama kenyang makanan jenis ini juga mudah dicerna. Selain itu, kebutuhan konsumsi cairan dan vitamin dari jus buah segar dapat Anda peroleh. Hindari kafein, minuman dingin, teh, dan kopi karena menyebabkan Anda akan lebih cepat kehilangan cairan melalui buang air kecil. Anda juga akan dehidrasi.

Setiap harinya tubuh tetap membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang akan dirubah menjadi energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika asupan gizi berkurang dan aktivitas terlalu padat maka dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit.

Masalah kesehatan pada manusia biasanya timbul karena faktor makanan yang tidak tepat, kurang tidur, dan pikiran. Faktor makanan yang tidak tepat dan cenderung berlebihan justru yang paling sering ditemui. Apalagi di bulan puasa ini, saat waktu makan hanya dua kali saat sahur dan berbuka pemilihan makanan harus lebih cermat agar tubuh tetap ternutrisi.

Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karena tidak ada satu jenis makanan saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Perlu lebih cermat memilih jenis makanan khususnya di bulan puasa ini. Meskipun makan sahur disunahkan, tapi sebaiknya jangan sampai dilewatkan. Makan sahur memberikan energi untuk Anda selama sehari penuh. Menu sehat saat berpuasa penting untuk diperhatikan, maka perhatikan apa saja yang Anda konsumsi.

Makan sahur juga menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan sumber ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Selama berpuasa, baik sahur dan berbuka hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Dijelaskan Dika, di Awal Bros Panam menyediakan menu healthy food for healthy life dan bisa  pesan antar atau jemput sendiri. Dan sebelum memesan makanan harus dilakukan. konsultasi gizi terlebih dahulu. Menu diet yang diberikan tanpa gula, rendah garam, rendah karbohidrat, tinggi vitamin, protein dan mineral. ‘’Bagi yang ingin memesan menu sehat gizi berimbang, bisa menghubungi nomor telepon 0823 8510 0700. Menu sehat yang kami sajikan menggunakan minyak sayur dan minyak jagung sehingga lebih sehat untuk menumis dan lebih banyak makanan direbus dan dipanggang,’’ katanya lagi.

‘’Tapi sebelum menu ini diberikan, kami juga harus tahu tujuan menu yang diminta. Tidak hanya itu, menu ini diberikan sesuai dengan rekomendasi dokter atau ahli gizi sehingga makanan yang dimakan benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Penentuan jumlah kalori ini tetap memperhatikan tinggi dan berat badan. Siapapun boleh memesan menu sehat ini, bahkan saat sahur maupun berbuka.” tutup Dika.

Menu Sehat Saat Berpuasa

Pada kesempatan itu, Ahli Gizi Rumah Sakit Awal Bros Panam tersebut memberikan penjelasan beragam menu sehat saat berpuasa yang dapat disajikan yakni

MENU 1
Kalori: 412,5 kkal, KH: 44 gr, P: 15 gr, L: 18 gr
Berupa macaroni, sapi lada hitam, oseng tempe sayur, jus sirsak + buah naga

MENU 2
Kalori: 437,5 kkal, KH: 44 gr, P: 22 gr, L: 17 gr
Berupa baked cassava, asam pedas ikan patin, cah labu siam wortel, schhotel tahu, salad buah.

MENU 3
Kalori: 437,5 kkal, KH: 44 gr, P: 22 gr, L: 18 gr
Berupa nasi merah, telur gulung, sop tahu sayur, sambal kecap, buah potong.

MENU 4
Kalori: 437,5 kkal, KH: 37 gr, P: 17 gr, L: 21,5 gr
Berupa baked potatos, ikan bakar, tumis bayam, jus nenas + sawi.

MENU 5
Kalori: 437.5 kkal, KH: 56 gr, P: 22 gr, L: 12 gr
Berupa spaghetti ayam + kacang polong, setup sayuran, es buah.

MENU 6
Berupa chicken wrap, salad sayuran, jus jambu biji.

MENU 7
Kalori: 412,5 kkal, KH: 37 gr, P: 17 gr, L: 19 gr
Berupa jagung manis, pepes ikan, tumis sayuran, sambal kecap, buah potong.

MENU 8
Kalori : 412,5 kkal, KH: 49 gr, P: 17 gr, L : 14 gr
Berupa nasi putih, ayam bakar, tumis bunga kol wortel, jus sirsak pokat.

MENU 9
Kalori: 462.5 kkal, KH: 63 gr, P: 20 gr, L: 13 gr
Berupa ubi merah tumbuk, omlet putih telur tahu, sate sayuran brokoli wortel, rujak buah.

MENU 10
Kalori: 412,5 kkal, KH: 37 gr, P: 17 gr, L: 19 gr
Berupa mash potato, steak ikan tuna, tumis kangkung + toge, sate buah.

MENU 11
Kalori: 412.5 kkal, KH: 44 gr, P: 15 gr, L: 17.5 gr
Berupa kentang rebus, asam pedas ikan patin tempe, urap sayuran, jus melon pokat.

MENU 12
Kalori: 420.8 kkal, KH: 62.3 gr, P: 18.3 gr, L: 9 gr
Berupa ubi merah rebus, ikan mila bakar, sayur asem, buah potong.

 (Dipublikasi oleh Riau Pos)

2 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....