Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Mengenal Manfaat Jahe, Rempah-Rempah Paling Sehat di Dunia
Kesehatan

Mengenal Manfaat Jahe, Rempah-Rempah Paling Sehat di Dunia

Gema Sonata Kesehatan – Sudah sering dengar soal manfaat jahe? Jahe dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang tidak hanya memiliki manfaat urusan dapur, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Halodoc, Jahe diklaim termasuk salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia sehingga banyak orang yang menginginkannya dalam bentuk utuh ataupun bubuk. Ini karena jahe memiliki manfaat pada tubuh bila dikonsumsi secara rutin, diantaranya mengatasi masalah pencernaan, gangguan kardiovaskuler, muntah dan diabetes melitus.

Mengenal Manfaat Jahe, Rempah-Rempah Paling Sehat di Dunia

Lalu, apa saja manfaat jahe bagi kesehatan tubuh? Yuk simak informasinya dibawah ini:

1. Anti penuaan dan kanker

Jahe memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif. Ketika kedua sifat kandungan tersebut bisa mengendalikan proses penuaan. Selain itu, jahe juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu mengobati penyakit menular, bahkan dapat mencegah berbagai kanker.

2. Meredakan nyeri haid

Mengonsumsi air jahe mampu mengurai nyeri yang terjadi akibat menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri. Khasiat dari jahe sendiri bahkan tidak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

3. Menurunkan glukosa darah sampai kolesterol

Rutin mengonsumsi jahe mampu membantu menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan kolesterol LDL atau lemak jahat, trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD alias lemak baik.

4. Memperkuat sistem imun

Jahe merupakan herba yang kaya akan vitamin C dan Magnesium. Kedua kandungan ini yang dapat membantumu memperkuat sistem imun. Selain itu, kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones dalam jahe juga dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

5. Menangkal infeksi bakteri dan virus

Kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri seperti shigella, E.coli, dan lain-lain. Jahe juga dikenal mampu membantu mengatasi pilek dan flu.

6. Meredakan sakit otot

Jika mengonsumsi jahe secara rutin, itu dapat membantu meredakan sakit otot. Jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian para ahli mengenai kelompok gemar olahraga yang mengonsumsi jahe mengalami rasa sakit nyeri otot yang lebih ringan daripada yang tidak mengonsumsi jahe.

7. Meredakan morning sickness dan mengatasi masalah pencernaan

Ekstrak akar jahe mampu digunakan untuk mengatasi gejala gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung dan bersendawa. Hal ini juga yang membuat jahe mampu meredakan gejala morning sickness pada awal kehamilan.

Itulah tadi berbagai manfaat jahe untuk kesehatan tubuh. Tidak heran, jika jahe dijuluki sebagai rempah-rempah paling sehat di dunia berkat segudang khasiatnya terhadap kesehatan tubuh.

Sumber informasi : Halodoc

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....