Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa
Kesehatan

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa, Apa Saja?

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa
Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Radio Gema Sonata  – Puasa bukan sekadar rutinitas ibadah, tetapi kini juga sudah menjadi gaya hidup. Sudah banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat puasa untuk kesehatan. Mengingat tak nutrisi masuk ke dalam tubuh saat puasa, sehingga harus tepat memilih menu berbuka, agar tidak mengagetkan sistem pencernaan. Berikut ini jenis makanan atau minuman apa yang cocok diasup saat berbuka puasa.

Menu berbuka Mengutip Healthline (26/9/2019), untuk mengakhiri puasa kita disarankan makan makanan yang lembut dalam jumlah yang tidak berlebihan. Tujuannya hanya satu, agar tidak enek dan menyulitkan sistem pencernaan kita. Beberapa contoh asupan yang patut dihindari misalnya minuman bersoda atau makanan/minuman tinggi lemak dan gula. Selain itu makanan tinggi serat yang mentah, biji-bijian dan kacang-kacangan. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi pertama setelah menjalankan puasa:

1. Smoothie

Aneka smoothies yang terbuat dari buah, sayur, atau campuran keduanya yang diproses sedemikian rupa.

Bahan-bahan itu diproses menjadi halus bisa menjadi pilihan baik untuk memperkenalkan nutrisi bagi tubuh Anda. Alasannya karena dalam minuman lembut itu mengandung lebih sedikit serat dibanding jika bahan buah atau sayuran tersebut disajikan secara utuh.

2. Buah-buahan kering

Salah satu yang terkenal dengan manfaatnya adalah kurma. Buah yang identik dengan rasa manisnya ini kaya akan nutrisi dan banyak digunakan untuk berbuka oleh masyarakat di Arab Saudi. Aprikot dan kismis juga bisa dikonsumsi dan menjanjikan kebaikan yang kurang lebih sama.

3. Sup

Sup yang terbuat dari bahan seperti tahu, pasta, lentil, dan sebagainya mengandung banyak protein dan karbohidrat yang mudah dicerna. Namun, hindari membuat sup dengan bahan yang mengandung krim yang tinggi dan bahan-bahan tinggi serat, juga sayuran mentah.

4. Sayuran

Tak sembarang sayuran, salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa adalah sayuran berpati yang dimasak sehingga menghasilkan sesuatu yang lembut. Misalnya kentang.

5. Makanan fermentasi

Untuk yang satu ini misalnya yogurt yang tidak memiliki rasa manis atau bisa juga susu kefir.

6.  Lemak baik

Makanan yang mengandung lemak baik misalnya adalah telur dan alpukat. Dua jenis makanan ini juga baik dijadikan pilihan makanan pertama saat berbuka puasa. Berbuka puasa dengan makanan sehat yang ramah pencernaan dapaf membantu mengembalikan nutrisi dan elektrolit penting bagi tubuh. Setelah itu saat pencernaan sudah mulai aktif kembali, barulah Anda disarankan untuk melanjutkan makan dengan makanan sehat yang lebih berat lainnya. Baik biji-bijian, kacang-kacangan, unggas, ikan, dan lain sebagainya.

Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa. Sumber : https://www.kompas.com

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....