Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Keren! 'Dinosaurus' Buatan Pemuda Bantul Ini Bisa Berjalan-Ditunggangi
Sains

Keren! ‘Dinosaurus’ Buatan Pemuda Bantul Ini Bisa Berjalan-Ditunggangi

Keren! 'Dinosaurus' Buatan Pemuda Bantul Ini Bisa Berjalan-DitunggangiGema Sonata Sains, Bantul – Seorang pemuda asal Bantul, Muhammad Iqbal Firmansyah (22), membuat robot dinosaurus yang bisa ditunggangi atau dino walking. Dinosaurus ini merupakan hasil inovasinya yang bisa dinaiki orang dengan berat maksimal 150 kilogram.
Pantauan detikJateng di Jagad Art Studio, Pedukuhan Petet, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Bantul, tampak beberapa orang tengah sibuk membentuk busa menyerupai kepala dinosaurus. Selain itu tampak pula beberapa animatronik dinosaurus berjejer di depan workshop tersebut.

Selain itu, tampak pula animatronik dinosaurus yang bisa berjalan dengan posisi ditunggangi manusia hingga menarik gerobak yang ditumpangi orang. Replika dinosaurus ini juga mengeluarkan suara saat bergerak maju dengan penggerak berupa motor dinamo listrik.

Iqbal menjelaskan, ide untuk membuat dino walking ini sebenarnya sudah sejak lama. Namun, baru terealisasi awal tahun ini, tepatnya pada akhir bulan Januari lalu.

“Idenya sudah lama tapi akhir Januari baru dieksekusi. Jadi dino walking ini sebenarnya pengembangan dari dino animatronik, kalau yang pertama itu (dino animatronik) kan display saja bergerak tapi tidak bisa berjalan,” kata Iqbal saat ditemui detikJateng di workshopnya, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (2/2/2022).

Iqbal memang sudah lama tertarik membuat animatronik karakter hingga kostum dinosaurus. Dia terinspirasi dari film Jurassic Park, dan unit buatannya pun sudah terjual hingga puluhan juta rupiah.

Pada dino walking ini, Iqbal dan teman-temannya menambahkan engsel penggerak pada bagian kaki animatronik. Selain itu, ada dua roda yang dipasang di bagian kaki belakang dan satu roda di bagian depan agar animatronik itu bisa berjalan.

“Nah, ini yang dino walking ini kita tambahkan gerakkan di kakinya. Jadi seakan-akan bisa dinaiki dan lebih nyata,” ujarnya.

Robot dinosaurus digerakkan dinamo
Untuk motor dinamo, Iqbal menggunakan motor dinamo DC berkekuatan 500 watt yang digerakkan baterai rakitan berkekuatan 48 volt. Dia mengungkap pembuatan dino walking ini memakan waktu 2-3 minggu.

“Mekanismenya? Kalau untuk dino walking ini sebenarnya kita kasih tambahan tuas dan kita kasih motor dinamo listrik untuk penggeraknya. Tuasnya untuk mekanisme langkah kaki seakan-akan berjalan,” katanya.

“Untuk berapa lama berjalan, dino walking bisa bertahan 2 jam pemakaian. Selain itu mampu mengangkat beban sampai 150 kilogram,” lanjut Iqbal.

Lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan ini mengaku baru memproduksi satu unit robot yang sudah teruji dan aman untuk dinaiki manusia saat berjalan. Sementara untuk robot dia mengaku sudah memproduksi ratusan unit.

“Untuk dino walking baru 1 unit dan itu untuk sampel prototipe. Tapi kalau total produk yang sudah dibuat sekitar 100 unit, itu meliputi animatronik,” ujarnya.

Dia menyebut keberadaan dino walking ini bisa menjadi daya tarik objek wisata (obwis). Mengingat dino walking ini bisa menarik perhatian bagi anak-anak.

“Dan ini bisa buat properti show seni pertunjukan, bisa juga sewakan wisata untuk dinaiki agar ada jeda bagi hewan-hewan yang disewakan. Harapannya bisa menjadi pelengkap dan penarik tempat-tempat wisata di Indonesia,” katanya.

Berapa harga jual robot dinosaurus ini?
Meski begitu, Iqbal mengaku belum menentukan harga dino walking buatannya. Namun, Iqbal mengungkapkan berapa harga produknya yang saat ini masih dipasarkan melalui media sosial Instagram @jagadartstudio.

“Belum kami komersilkan, mungkin akhir Februari mulai dijual. Terus kalau mau dijual harga berapa masih dalam perhitungan. Yang jelas untuk produk kami ada animatronik, kostum, dino ride, mini jip hingga dino walking,” katanya.

“Kalau produk sebelum dino walking mulai Rp 5 juta sampai Rp 90 juta. Karena tergantung spesifikasi juga, apalagi untuk animatronik ada beberapa perubahan pada alat yang dipakai dan bahan baku ada kenaikan, tapi tidak terlalu signifikan. Misal dari Rp 12 juta ke Rp 13 juta,” imbuh Iqbal.

Sebelumnya, Iqbal menjadi sorotan karena membuat replika dinosaurus. Bahan pembuatan robot T-Rexnya itu pun dibuat dari bahan bekas.

Kala itu dia mengungkap awal pembuatan robot dinosaurus itu saat melihat dinosaurus yang bergerak ketika berjalan ke mal. Dia lalu berupaya membuat replika robot dinosaurus di rumahnya pada 2018 lalu. Hingga akhirnya di berhasil membuat robot T-Rex yang bisa berjalan dan menarik gerobak.

“Karena banyak yang tertarik dan ada pesanan kostum, akhirnya saya mulai membuat membuat kostum dan animatronik karakter dinosaurus lainnya yang dipelajari dari film Jurassic Park,” ucap Iqbal di produksi kostum Dinosaurus di Pedukuhan Petet, Kalurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Sabtu (13/2/2021) silam.

“Jadi kostum dinosaurus ini bisa berjalan, bersuara, bergerak, sehingga menyerupai aslinya. Untuk navigasinya pakai stang (yang terpasang di dalam kostum dinosaurus),” lanjut Iqbal.

Selain kostum dinosaurus, Iqbal juga membuat karakter hewan prasejarah lainnya seperti Tyrannosaurus Rex, Abelisaurus, velociraptor, Spinosaurus, Majungasaurus, Ankylosaurus, Coelophysis, Allosaurus hingga Dilophosaurus.

Teknis pembuatan robot itu dikerjakan Iqbal bersama ayah dan delapan karyawannya membuat rangka besi. Selanjutnya melengkapi rangka itu dengan mekanisme gerakan.

“Setelah gerakan sudah bagus, maka tahap selanjutnya membungkus kerangka tersebut dengan kulit,” ucapnya.

Untuk kulit penutup, kata Iqbal, terbuat dari bisa yang dicampur lateks, lalu dibalut dengan kain agar busa tidak mudah sobek. Menurutnya, balutan kain tersebut kemudian dibalut silikon lalu tahap akhir pengecatan.

“Butuh waktu 2-3 minggu untuk menghasilkan satu unit kostum atau animatronik dinosaurus. Sebulan bisa 2-3 unit,” ujarnya.(ams/ahr) https://www.detik.com/sains

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....