Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Radio Gema Sonata Cirebon
Sains

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan berdasarkan Sains

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan
Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan berdasarkan Sains

Radio Gema Sonata – Selain untuk ibadah, puasa juga bermanfaat lho bagi kesehatan. Manfaat-manfaatnya udah dibuktiin lewat ilmu pengetahuan dan dirasain sama banyak orang di seluruh dunia. Buat kamu yang nggak beribadah puasa pun, bulan Ramadhan bisa jadi momen yang pas nih untuk ikut merasakan manfaatnya. Jadi yuk simak infonya!

1. Kendalikan Gula Darah
Manfaat pertama yang bisa didapat dengan berpuasa adalah peningkatan kendali gula darah. Hal ini berguna banget buat ngurangin risiko diabetes. Bahkan berpuasa dalam jangka waktu pendek aja bisa ngurangin tingkat gula darah secara signifikan.

Sementara, puasa seharian udah terbukti sama efektifnya dengan ngebatasin asupan kalori ketika kamu ngurangin resistensi insulin sehingga gula darah lebih stabil.

2. Jaga Kesehatan Jantung
Mengubah kebiasaan makan dan gaya hidup adalah salah satu cara utama mencegah serangan jantung. Puasa pun bisa jadi salah satu aspek yang bisa kamu masukin dalam rutinitas baru.

Puasa seharian selama empat pekan udah kebukti bisa ngurangin LDL kolesterol buruk sebesar 25 persen dan trigliserida darah sebanyak 32 persen. Selain itu, satu penelitian terhadap 110 orang dengan obesitas juga nunjukin puasa selama tiga minggu bisa nurunin tekanan darah secara signifikan.

3. Bantu Fungsi Otak
Walau kebanyakan penelitian saat ini masih terbatas untuk hewan, tapi puasa kebukti bisa berdampak besar buat kesehatan otak. Salah satu penelitian nunjukin kalau puasa seharian selama 11 bulan ningkatin fungsi dan struktur otak tikus.

Baca Juga :

Sementara penelitian hewan yang lain ngebuktiin ada peningkatan generasi sel saraf sehingga berdampak sama kemampuan kognitif. Tapi, penelitian lebih jauh masih diperlukan buat memastikan dampaknya sama otak manusia.  

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat ketika kamu berpuasa. Ayo lebih semangat dan manfaatin Bulan Ramadhan ini untuk jaga dan perbaiki kesehatan!

Sumber : https://spiritofmillennials.id/

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....