Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Fosil Paus Purba Amfibi Ditemukan di Mesir
Teknologi

Fosil Paus Purba Amfibi Ditemukan di Mesir

Fosil Paus Purba Amfibi Ditemukan di Mesir
Fosil Paus Purba Amfibi Ditemukan di Mesir

Gema Sonata Teknologi – Peneliti Mesir menemukan fosil yang diyakini sebagai spesies paus purba amfibi dengan empat kaki.
Mereka menduga fosil itu adalah salah satu jejak yang memperlihatkan perubahan ikan paus yang diyakini mulanya bisa hidup di darat dan akhirnya menjadi makhluk laut sepenuhnya.

Seperti dilansir Reuters, fosil itu diyakini adalah spesies makhluk purba Protocetidae. Menurut para peneliti Mesir, spesies paus itu sudah punah di pertengahan tahap transisi dari makhluk darat dan laut.

Fosil itu ditemukan di wilayah bebatuan Eocene di Dataran Rendah Fayum di kawasan Gurun Barat Mesir.

Para peneliti menamakan fosil itu sebagai Phiomicetus anubis. Panjang fosil itu mencapai tiga meter dengan perkiraan berat mencapai 600 kilogram.

Menurut para peneliti, hewan purba itu diperkirakan merupakan pemangsa yang berada di puncak rantai makanan. Dari hasil penelitian serpihan tengkorak fosil, hewan purba itu diperkirakan merupakan jenis paus primitif di wilayah Afrika.

“Phiomicetus anubis adalah kunci dari spesies paus baru dan penelitian penting bagi paleontologi Afrika serta Mesir,” tulis peneliti Pusat Palaeontologi Vertebrata Universitas Mansoura, Abdullah Gohar, dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Nama genus paus itu disematkan sebagai penghormatan terhadap wilayah penemuan serta Dewa Anubis, yang merupakan dewa yang disembah penduduk Mesir kuno.

Menurut hasil studi Pusat Palaeontologi Vertebrata Universitas Mansoura (MUVP), Mesir, wilayah itu diyakini mulanya berada di bawah laut yang yang memperlihatkan jejak perubahan spesies paus dari hewan amfibi.

Meski dengan adanya temuan fosil itu, para peneliti menyatakan gambaran besar tentang evolusi paus di wilayah Afrika tetap menjadi misteri. Mereka meyakini jika penelitian dilanjutkan akan bisa menemukan jejak transisi yang utuh dari ikan paus yang mulanya diyakini hewan amfibi hingga menjadi hewan laut.

Mohamad Sameh dari Lembaga Urusan Lingkungan Mesir menyatakan proses penelitian itu diharapkan bisa mengungkap hewan purba mirip buaya yang merupakan amfibi hingga paus purba raksasa.

(ayp/ayp)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....