Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Cara Mengatasi Ban Mobil dan Motor Bocor Halus
Tips Otomotif

Cara Mengatasi Ban Mobil dan Motor Bocor Halus

Cara Mengatasi Ban Mobil dan Motor Bocor Halus
Cara Mengatasi Ban Mobil dan Motor Bocor Halus

Radio Gema Sonata – Ban bocor halus seringkali tidak disadari oleh pengendara motor maupun mobil. Ban kendaraan yang mengalami bocor halus cenderung sulit dideteksi dan baru akan terlihat beberapa hari kemudian saat ban telah kempes total.

Ban kempes total tentu menyulitkan Anda membawanya ke bengkel dan membahayakan saat kendaraan tengah melaju. Sebelum ke bengkel, ada cara mengatasi ban yang bocor halus sebelum membawanya ke bengkel.

Cara mengatasi ban bocor halus pada mobil dan motor tak jauh berbeda. Ada hal antisipasi yang dapat Anda lakukan sebelum ban bocor halus terjadi, merujuk Auto2000.

1. Gunakan Cairan Anti Bocor

Cairan anti bocor ini efektif menutup lubang pada ban baik motor maupun mobil akibat benda tajam. Cairan ini banyak dipilih pemilik kendaraan untuk mencegah kebocoran halus terjadi.

Namun cairan ini hanya bisa digunakan pada ban jenis tubeless saja dan Anda harus rutin memeriksa tekanan angin agar cairan tidak mengkristal dan menyumbat area pentil.

2. Menandai Area Bocor Ban

Mencari lokasi bocornya ban untuk diberikan tanda bisa Anda lakukan dengan bantuan air sabun.

Caranya mudah, siram seluruh bagian ban terlebih dahulu lalu pompa ban dan putar ban perlahan sambil menyiram air sabun. Gosok-gosok permukaan ban dan perhatikan permukaan yang muncul gelembung udara, area tersebut adalah sumber kebocoran ban.

3. Tambal Ban

Langkah ini adalah cara terakhir jika kondisi ban memang tidak dapat lagi Anda tangani.

Pada ban tubeless tambal menggunakan string tubeless sementara pada ban yang menggunakan ban dalam Anda bisa menggantinya dengan yang baru atau menambalnya.

Ban dalam yang memiliki beberapa tambalan membuat perputaran ban menjadi tidak rata dan rawan kecelakaan.

Penyebab Bocor Halus

·         Kerikil Tajam

Kerikil tajam yang menyelip pada sela-sela ban bisa menjadi salah satu penyebab ban bocor halus. Ujung batu yang tajam perlahan menusuk ke dalam karena mendapat tekanan saat kendaraan berjalan dan akhirnya menembus ban.

·         Kondisi Ban Aus

Faktor kondisi ban menjadi menjadi sebab awal bocor halus terjadi. Ban aus atau sudah menipis membuat benang atau serat baja keluar dan menusuk ban bagian dalam. Kondisi ban tipis juga membahayakan pengemudi.

·         Pentil Bocor

Jika kondisi ban baik ban luar atau dalam masih bagus cobalah periksa pentil ban Anda. Kebocoran pentil tak terlihat mata Anda harus menggantinya dengan yang baru di bengkel.

·         Bekas Tambalan Ban

Baik motor ataupun mobil yang memiliki tambalan berpotensi bocor halus. Pasalnya para penambal ban seringkali memperbesar lubang dan posisi tambalan kurang pas sehingga terjadi bocor halus.

·         Pelek

Pelek mobil atau motor yang menghantam keras lubang jalanan perlu Anda periksa kondisinya. Jika terdapat retakan atau penyok pada pelek bisa menyebabkan celah bagi angin untuk keluar.

Itulah penyebab dan cara mengatasi ban bocor halus pada mobil atau motor yang dapat jadi panduan Anda. Selalu periksa ban kendaraan sebelum pergi beraktivitas dan rutinlah memeriksa tekanan angin agar ban lebih awet masa pakainya.

(imb/fef)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi

2 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....