Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Benarkah Buka Puasa Minum Es
Sains

Benarkah Buka Puasa Minum Es Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan?

Benarkah Buka Puasa Minum Es Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan?
Benarkah Buka Puasa Minum Es Bisa Mengganggu Sistem Pencernaan?

Radio Gema Sonata – Minuman dingin kerap diminum untuk melepas dahaga, terutama dipilih ketika berbuka puasa. Tetapi, apakah aman bagi kesehatan apabila minum minuman dingin setelah seharian perut kosong?

Minuman dingin baiknya tidak diminum ketika tubuh dalam kondisi tertentu. Pertama, dalam kondisi udara panas dan setelah olahraga. Sebuah penelitian dilansir dari Medical News Today, Kamis, 15 April, merekomendasikan suhu air terendah dan tetap aman untuk rehidrasi tubuh ialah 16 derajat Celcius.

Bagaimana apabila minum minuman dingin saat berbuka puasa?

Setelah seharian menahan lapar dan haus, tubuh tentu membutuhkan asupan yang mampu menghidrasi serta menutrisi. Paling aman, sebenarnya minum minuman hangat pada tegukan pertama. Setelah Anda mengisi perut dengan minuman atau makanan yang tidak dingin maka boleh minum es.

Ketika berpuasa, suhu tubuh cenderung rendah. Nah, apabila ditambah dengan minum minuman dingin saat berbuka puasa, maka suhu tubuh semakin merendah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda baiknya minum minuman hangat dahulu.

Minuman hangat juga baik manfaatnya untuk tubuh. Sebuah studi juga menemukan manfaat minum air hangat, antara lain lebih menenangkan, mengendurkan pipa makanan, dan membuat makanan serta minuman lebih mudah di telan.

Sebuah studi pada tahun 2001 juga menunjukkan bahwa minum air dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Bagi yang sering migrain, minum air dingin bisa mengalami sakit kepala dua kali lebih sakit setelahnya.

Beberapa orang yang lain dalam studi tersebut juga mengatakan bahwa mengonsumsi minuman dan makanan dingin dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan masuk angin. Pada kasus ini, bukti ilmiah memang belum ditemukan.

Baca Juga : Begini Panduan Makan Pasien Diabetes Yang Ingin Puasa Ramadhan

Menurut Sains ini 7 Manfaat Puasa, Lebih dari Menahan Haus dan Lapar

Bagi penderita maag, minum dingin saat berbuka juga perlu dikontrol sebab bisa memicu terjadinya kontraksi pada lambung. Dan pada efek terburuk dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum air dingin saat perut kosong juga diduga dapat menurunkan ketahanan tubuh. Karena ketahanan tubuh berfungsi memerangi terpaan virus dan bakteri, berarti perlu dihindari minum air dingin langsung setelah azan berkumandang.

Untuk melepas dahaga, baiknya yang pertama diteguk adalah air putih hangat. Setelah itu atau sesudah tubuh terhidrasi maka Anda dapat makan dan minum minuman dingin.

Sumber : https://voi.id/

1 COMMENTS

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....