Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Radio Gema Sonata Cirebon
4 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami
Sains

4 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami

4 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami
4 Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami

Radio Gema Sonata – Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun udara lainnya dapat merusak paru-paru dan membahayakan kesehatan. Berdasarkan data yang dihimpun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya terdapat sekitar 4,2 juta kematian di seluruh dunia yang disebabkan oleh paparan polusi udara.

Sebenarnya, paru-paru dapat membersihkan dirinya sendiri setelah terpapar polusi udara atau asap rokok. Lendir akan berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen yang menimbulkan rasa sesak dan meradang di bagian dada. Beberapa orang mungkin membutuhkan cara khusus untuk membersihkan paru-paru dari lendir dan iritasi.

Tak hanya itu, membersihkan paru-paru juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan.

Dilansir dari Medical News Today, 18 Februari 2019, berikut adalah 4 cara membersihkan paru-paru secara alami. 1. Terapi uap Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap air guna membuka saluran udara dan membantu lendir keluar dari paru-paru. Uap akan menambah kehangatan dan kelembapan ke udara sehingga dapat memperbaiki pernapasan dan melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru.

Sebuah penelitian yang melibatkan 16 laki-laki dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) menemukan, kondisi penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) membuat seseorang lebih sulit bernapas.

Terapi uap mungkin bisa dijadikan cara membersihkan paru-paru secara alami untuk melegakan saluran pernapasan. 2. Olahraga Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan serta mengurangi berbagai risiko penyakit kronis, termasuk serangan stroke dan penyakit jantung.

Saat berolahraga, otot akan bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju pernapasan dan menghasilkan pasokan oksigen yang lebih banyak ke otot. Olahraga rutin mungkin sulit dilakukan oleh orang dengan kondisi paru-paru kronis. Agar aman, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Senyawa antioksidan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek negatif akibat menghirup polusi udara. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan, minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

4. Konsumsi makanan anti-inflamasi

Cara membersihkan paru-paru secara alami bisa denggan mengonsumsi makanan yang bersifat anti-inflamasi. Makanan anti-inflamasi ini dapat meredakan peradangan yang menyebabkan sulit bernapas atau dada terasa berat. Beberapa makanan anti-inflamasi yang direkomendasikan adalah sayuran hijau, ceri, blueberry, kenari, kacang polong, dan zaitun.
Sumber : https://www.kompas.com/

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....