Radio Cirebon Gema Sonata 101 FM

Radio Dangdut Cirebon

Sains

Demam Setelah Minum Antibiotik, Apakah Berbahaya?

Gema Sonata Sains – Antibiotik adalah obat yang biasa diresepkan dokter untuk membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Namun, sama seperti obat lainnya, ada efek samping yang muncul setelahnya. Salah satunya adalah demam saat minum antibiotik. Wajarkah muncul demam saat minum antibiotik? Mungkin Anda sudah panik ketika demam muncul sesaat setelah minum antibiotik dan berpikir obat yang diberikan dokter tidak cocok. Nyatanya, tidak semua demam itu pertanda buruk, sama halnya dengan yang satu ini. Bila Anda mengalami demam saat minum antibiotik, jangan langsung menghentikan pengobatan. Pasalnya, demam yang muncul saat itu adalah hal yang wajar.

Justru, demam bisa jadi pertanda baik. Dikutip dari MedlinePlus, demam adalah tanda tubuh Anda sedang melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi. Saat Anda demam, itu artinya sistem imun sedang aktif. Dengan bantuan antibiotik, fungsi sistem imun tubuh dapat bekerja lebih baik dalam membunuh bakteri, sehingga timbulah demam. Jenis antibiotik yang menimbulkan demam Jenis antibiotik yang paling sering menyebabkan demam adalah : sulfonamida minosiklin cefalexin beta-lactam Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Intensive Care menjelaskan bagaimana antibiotik jenis beta laktam bisa menyebabkan demam ketika digunakan dalam pengobatan sifilis.

Demam setelah minum obat beta laktam diduga muncul akibat pelepasan zat beracun oleh bakteri spirochetes yang sudah sekarat. Demam mungkin terjadi akibat tubuh memproduksi banyak antibodi. Demam saat minum antibiotik bisa jadi tanda alergi Selain menandakan bahwa obat bekerja dengan baik, demam juga bisa Anda curigai sebagai gejala alergi.

Jika Anda mengalami demam setelah minum obat antibiotik, jangan khawatir. Biasanya, demam akan menghilang dengan sendirinya. Usahakan untuk terus minum antibiotik sesuai yang dianjurkan dokter. Jika Anda berhenti atau melewati dosis yang seharusnya, kemungkinan Anda akan mengalami resistensi bakteri dan hal ini dapat mengakibatkan infeksi kembali terulang. Demam saat minum antibiotik yang tidak kunjung membaik setelah 24 hingga 48 jam memerlukan perhatian khusus. Apabila hal tersebut terjadi, segera periksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat penurun panas seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Kondisi yang harus diwaspadai Terdapat beberapa gejala yang perlu Anda waspadai apabila Anda mengalami demam saat minum antibiotik. Jika Anda terkena demam yang disertai gejala-gejala seperti susah bernapas, gatal-gatal, dan pembengkakkan, maka ada kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi terhadap antibiotik yang Anda minum. Kondisi lain yang mungkin terjadi saat Anda minum antibiotik adalah sindrom Stevens-Johnson. Sindrom ini adalah komplikasi dari reaksi alergi dan memang sangat jarang terjadi, namun dapat disebabkan oleh pengobatan antibiotik seperti beta-lactams dan sulfamethoxazole. Gejala-gejalanya pun menyerupai reaksi alergi antibiotik, dimulai dengan demam, sakit tenggorokan, batuk, pembengkakan, dan gatal-gatal. Kondisi ini berbahaya dan dapat berakibat fatal. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter apabila Anda mengalami tanda-tanda dan gejala yang tidak wajar.

Editor : Resa Eka Ayu Sartika

(Visited 18 times, 1 visits today)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Silahkan Tinggalkan Pesan.....
Kami Akan Merespon Anda....
Powered by